Bagi teman-teman yang ingin menyumbang tulisan, kirim ke Email : mahasiswakatolikpapua@gmail.com
Home » » FKPMKP: Diskusi Lanjut Budaya Akan Dilakukan

FKPMKP: Diskusi Lanjut Budaya Akan Dilakukan

Written By Forum Komunikasi Pelajar dan Mahasiswa Katolik Papua Daerah Istimewa Yogyakarta on Minggu, Oktober 27, 2013 | Minggu, Oktober 27, 2013


Pict. Anggota FKPMKP Ist.

Yogyakarta--- Forum Komunikasi Pelajar dan Mahasiswa Katolik Papua menggelar diskusi tentang Ragam Budaya Papua. Di Asrama Merauke, pada Kamis (24/10/2013). Diskusi ini merupakan cara Forum, merayakan hari budaya tahun ini, dan rencananya akan melanjutkan diskusi budaya yang lebih mengupas. 


Kesepakatan melaksanakan diskusi ini, diambil berdasarkan hasil rapat anggota Forum Komunikasi Pelajar dan Mahasiswa Katolik Papua, pada Minggu (20/10/2013), di hall APMD lalu, dengan tema “Budaya Papua dulu, sekarang, dan akan datang”. 

Forum ini telah menerapkan beberapa konsep dasar dalam melestarikan budaya Papua. Hal ini dapat dibuktikan dengan tatacara dalam Forum. Misalanya setiap doa diwajibkan menggunakan bahasa daerah.

"Ragam Budaya di Papua, telah mengatur bagaimana hubungan manusia dengan alam, dan hubungan manusia dengan Tuhan” Kata Marko, pembawah materi diskusi ini, yang adalah mahasiswa Pascasarjana jurusan Rekonsiliasi Konflik UGM.

Lanjutnya "Bagaimana mau tahu yang lain. Untuk bahasa yang digunakan sebagai alat komunikasi saja, orang Papua banyak yang tidak tahu sekarang ini. Mungkin karena dianggap tidak penting dan tidak diajarkan, atau tidak ingin mempelajarinya kembali”.

lanjutnya, “satu-satunya jalan untuk memproteksi persoalan krisis budaya adalah melalui jalur pendidikan”. 

Diskusi berjalan cukup singkat, dengan beberapa penanya yang dibagi dalam dua sesi, masing-masing tiga orang penanya. Namun menurut moderator sekaligus ketua BPH FKPMKP, Maikel Tekege diskusi lanjut yang lebih mengupas akan dilakukan lagi.

“mungkin kami cukupkan sekian, tetapi diskusi kali ini merupakan pendahuluan, kami akan lakukan diskusi yang sama, tetapi masing-masing suku di Papua akan menjelaskan ciri khas budayanya dan perbandingan budaya yang dulu dan sekarang seperti bagaimana”.

@Wado